Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Ini

Goapotik
Publish Date • 04/30/2024
Share image facebook goapotikimage twitter goapotikimage whatsapp goapotik
Hindari Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Ini

Tanpa disadari, kita mungkin telah mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi. Padahal, jika mengonsumsinya secara berlebihan, makanan tersebut dapat membahayakan kesehatan. Jadi, apa saja makanan yang mengandung lemak jenuh dan sebaiknya dihindari?

Lemak jenuh dapat memengaruhi tubuh dengan meningkatkan jumlah kolesterol jahat (LDL). Jika dikonsumsi berlebihan, lemak jenuh dapat menyebabkan penumpukan kolesterol LDL di dinding arteri, yang dapat menghambat aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh.

Menurut World Health Organization (WHO), penyakit jantung koroner dan stroke telah mengambil banyak nyawa setiap tahunnya. Oleh karena itu, penting untuk mengontrol kolesterol LDL dan menghindari konsumsi makanan yang kaya lemak jenuh.

Lalu, apa saja makanan yang mengandung lemak jenuh?

  1. Mayones: Mayones mengandung lemak jenuh yang perlu dihindari. Mengonsumsi lebih dari 2 sendok makan mayones per hari tidak disarankan.

  2. Mentega: Lemak jenuh dalam mentega cukup tinggi, sehingga disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 2 sendok makan mentega dalam sehari.

  3. Keju: Meskipun bergizi, keju juga mengandung lemak jenuh. Batasi konsumsi keju agar tidak lebih dari 2 iris cheddar per hari.

  4. Krim Kocok (Whipped Cream): Whipped cream mengandung lemak jenuh tinggi, sehingga sebaiknya tidak dikonsumsi setiap hari. Alternatif yang lebih sehat adalah menggunakan sour cream.

  5. Daging Olahan: Daging olahan seperti salami dan sosis mengandung lemak jenuh dan natrium. Batasi konsumsi daging olahan agar tidak lebih dari 9-10 ikatan sosis per hari.

  6. Makanan yang Digoreng: Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh dan trans yang tinggi. Batasi konsumsi makanan digoreng agar tidak lebih dari 2-4 potong bakwan per hari.

Penting untuk diingat bahwa batasan konsumsi di atas belum termasuk makanan lain yang mengandung lemak jenuh. American Heart Association merekomendasikan batas maksimal 13 gram lemak jenuh per hari dari total asupan 2.000 kalori harian.

Sekarang kamu sudah tahu makanan mana saja yang mengandung lemak jenuh. Ayo, mulai kurangi konsumsi makanan yang kaya lemak jenuh untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

Jika kamu memiliki pertanyaan atau ingin berbagi informasi dengan Geng Sehat lainnya, kamu dapat menggunakan fitur Forum yang tersedia di GueSehat.com. Ayo, coba fiturnya sekarang!


Jika membutuhkan produk kesehatan, Sowbat bisa mendapatkannya di GoApotik. Download GoApotik sekarang!


Yuk #SehatBarengGoApotik


Produk Terkait